Sabtu, 25 Agustus 2012

Seminar Ilmu Komunikasi



Fakultas Ilmu komunikasi universitas Gunadarma merupakan fakultas muda yang pada tanggal 7 Julli 2012 kemarin, telah menyelenggarakan sebuah seminar yang pertama kalinya dengan tema “Industri Kreatif Animasi Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi” dengan dua narasumbernya yaitu Bapak Hiskia Sugiantoro dan Bapak Beta Agus Wardiono.

Di seminar ini para narasumber berbagi ilmu tentang apa sih animasi itu? Terus apa hubungannya animasi sama komunikasi?
Nah disini ada beberapa ringkasan yang aku dapat dari seminar tersebut. Yuuk dilihat..!
-->  Menurut bapak Beta, animasi itu adalah suatu cara untuk menampilkan dengan cepat dari urutan/rangkaian image untuk menghasilkan ilusi yang bergerak.
--> Untuk membuat sebuah animasi itu dibutuhkan sebuah ide, perangakat keras dan perangkat lunak komputer, latihan, dan juga kreativitas.
-->  Jenis-jenis animasi:
1.      Animasi Tradisional
Proses yang digunakan untuk membuat film animasi pada awal abad ke-20.
2.      Stop-Motion Animation
3.      CGI Animation (Computer-Generated Imagery Animation)
Sebuah animasi komputer yang meliputi berbagi teknik, yang memanfaatkan komputer.
-->  Bidang pemanfaatan dari animasi bisa kita lihat pada games, film, pendidikan,  advertising & promosi, serta broadcast.
--> Terdapat teknologi animasi yaitu:
1.      Key frame
Berfungsi utnuk mendefinisikan titik awal dan akhir dari sebuah transisi yang smooth.
2.      Morphing/morph target animation
Berfungsi untuk mengubah image menjadi bentuk lain melalui transisi. Contohnya bisa kita lihat pada video clipnya Michael jackson yang Black n White.
3.      Motion Capturing
Merupakan proses dari perekaman gerakan.
-->  Perkembangan dari animasi:
1.      Object Animation
2.      Humanoid Animation
3.      Medical Animation
4.      Sketelen Animation
5.      Facial Animation

Kalo menurut bapak Hizkia, animasi adalah dunia komunikasi atau gambar yang seolah-olah hidup dan sebuah craft (kerajinan tangan) dengan bantuan teknologi.
1. Syarat membuat animasi itu adalah world, story, character.
2.  Art + teknologi à cerita  à bercerita à animasi à komunikasi

Nah dapat disimpulkan bahwa komunikasi merupakan bagian penting dalam proses penyampaian pesan dalam sebuah animasi. Dengan adanya komunikasi, proses penyampaian pesan dari sebuah animasi tersebut dapat terasa jauh lebih efektif.

Selanjutnya, pada tanggal 12 Juli 2012 fakultas Ilmu Komunikasi universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan seminar untuk kedua kalinya dengan tema “Proses Komunikasi Politik Legislatif dan Eksekutif di Indonesia” dengan dua narasumber ternama yaitu Dr. Pramono Anung (Wakil Ketua DPR-RI) dan Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti (Prof. Bidang Riset Intermestik Affairs LIPI).
Di seminar kedua ini para narasumber berbagi ilmu tentang apa sih politik itu? Terus apa peran dan hubungannya politik sama komunikasi? Dan bagaimana cara yang baik untuk seorang politikus berkomunikasi. Berhubung aku rada kurang tertarik dengan dunia politik, aku cuma ngedengerin n ngerangkum sedikit dari seminar tersebut. Jadi gak usah dibahas deh kalo yang seminar kedua ini mah yaah.. Hhihiiii..   

-Sekian-

0 komentar:

Posting Komentar